Putri Ruth Dyawati. Diberdayakan oleh Blogger.

.

.

.

.
RSS

Yakin segala sesuatu ada waktunya dan terjadi tepat pada waktu-Nya, sebab Tuhan tidak pernah terlambat dan Tuhan mampu mengadakan apa yang tidak ada menjadi ada.. ^^

Mengurus Paspor Online Daerah Surabaya

Beberapa bulan yang lalu saya berniat untuk membuat paspor, selain untuk keperluan kantor namun juga untuk keperluan pribadi tentunya hehehehehee :P. Banyak informasi dari mulut ke mulut yang saya dapatkan mengenai tata cara atau langkah-langkah dalam pembuatan paspor, tetapi kurang afdol jika saya tidak mencari keakuratan informasi tersebut melalui browsing internet.

Situs demi situs saya jelajahi namun tidak satu pun situs yang membahas secara detail beserta contoh mengenai proses pembuatan paspor baru secara online khususnya di daerah surabaya. Oleh sebab itu lah muncul ide untuk membuat postingan ini. Semoga postingan ini dapat menjadi panduan anda ketika ingin mengurus paspor baru secara online.

Oke, saya akan menjelaskan bagaimana proses atau alur pembuatan paspor baru secara online di Kanim Kelas I Khusus Surabaya.


Pendaftaran Online

Sebelum melakukan pendaftaran online, alangkah baiknya terlebih dahulu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen minimal yang harus anda persiapkan adalah :

1. KTP WNI
2. Kartu Keluarga
3. Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah Terakhir

Semua dokumen diatas sudah harus anda scan terlebih dahulu dan menyimpannya dalam format gambar JPG/JPEG dengan ukuran tidak melebihi dari 1,8 MB.

  1. Langkah awal silahkan buka website Ditjen Imigrasi RI di http://www.imigrasi.go.id/
  2. Klik Layanan Publik -->Layanan Online --> Layanan Paspor Online
  3.  
  4. Maka akan muncul jendela baru yang berisi beberapa menu. Untuk membuat paspor baru, klik Pra Permohonan Personal
  5.  
  6. Kemudian anda diwajibkan untuk memasukkan data-data ke kotak isian yang sudah disediakan. Isi data sesuai dengan KTP anda, jika semua data telah terisi maka lanjutkan dengan menekan tombol Lanjut
  7.  
  8. Halaman berikutnya anda masih di suruh untuk mengisi data. Masukkan alamat, nama orang tua, nama istri/suami beserta tempat lahir dan tanggal lahirnya. Setelah semua data terisi dengan benar, lanjutkan dengan menekan tombol Lanjut.
  9.  
  10. Proses selanjutnya adalah upload data. Data-data yang sudah Anda persiapkan diawal tadi, akan diupload pada proses kali ini. Ikuti opsi yang diberikan, mulai KTP, KK, hingga Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah.
    Tekan tombol ‘Browse‘ untuk memilih File yang ingin di-upload. Setelah itu tekan tombol ‘Upload‘ untuk melakukan proses upload File dokumen tersebut ke Website tersebut. Kalau sudah, klik Lanjut.
  11.  
  12. Langkah selanjutnya adalah memilih tempat dimana Anda akan melakukan proses pengurusan. Pilihlah yang dekat dengan rumah Anda, atau contoh disini adalah Kanim Kelas I Khusus Surabaya. Setelah itu, klik Tanggal kedatangan di kanim, dan pilih tanggal yang Anda kehendaki. Klik Lanjut.
  13.  
  14. Selanjutnya adalah proses verifikasi. Masukkan kode verifikasi yang tampil pada kotak yang telah disediakan, setelah itu klik Ok.          
  15.  
  16. Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan pesan seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Pilih Bukti Permohonan untuk mencetak bukti permohonan.
  17.  
  18. Tampilan Bukti Permohonan 
  19.   
Proses pendaftaran via online telah selesai. Anda tinggal menunggu hari dan tanggal yang telah anda pilih untuk ke kanim.                
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya Sangat bermanfaat. Gbu

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya. sangat membantu ^^

    BalasHapus
  3. untuk biaya brapa ya sekarang? proses di kanim nya brapa lama?
    boleh tau alamat kanim sby? Thanks info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk informasi harga pasport silahkan mengunjungi link di bawah ini :
      http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#masa-berlaku-dan-biaya

      Untuk proses di kanim apabila mendaftar secara online terlebih dahulu cukup 1 hari saja, setelah mendaftar secara online maka bapak segera datang ke kanim berdasarkan hari dan tanggal yang telah di pilih dengan membawa semua persyaratan yang ada kemudian pada saat di kanim bapak segera membeli map berwarna hijau yang berisi form pendaftaran dan materai 6000.

      Kemudian bapak tinggal masuk ke loket untuk menyerahkan semua berkas-berkasnya, dan dilanjutkan untuk membayar biaya pembuatan passport kemudian dilanjurkan dengan menunggu antrian untuk foto dan wawancara.

      Setelah proses foto dan wawancara selesai, bapak bisa datang kembali 3 hari kerja dihitung dari hari dimana bapak telah selesai melakukan proses pembuatan passport.

      Setelah 3 hari bapak bisa kembali ke kanim dan mengambil passport yang sudah jadi.

      Alamat kanim I Surabaya :
      Jl. Letjen S Parman 58 A, Waru, Sidoarjo 61256

      Hapus